Rabu, 31 Juli 2013

Pasar apung Floating Market Lembang Bandung


Pasar apung Lembang Bandung, atau lebih dikenal dengan Floating Market Lembang – FML (terkadang aneh juga, mengapa tidak dinamakan dengan menggunakan Bahasa Sunda misalnya Pasar ngapung atau menggunakan Bahasa Indonesia dengan nama Pasar Terapung, namun lebih condong menggunakan Bahasa Inggris: kebarat-baratan yang mungkin menjadi lebih ‘gaya’ dan ‘keren’ di telinga dan diucapkan. Namun biarkan pertanyaanku hanya menjadi angan-angan dalam benak untuk memperkenal kan tempat wisata parahiangan sebagai keturunan suku sunda
Pasar Terapung Lembang ini mulai dibuka operasionalnya pada tanggal 19 Desember 2012, berlokasi di Jl. Grand Hotel 33E, Lembang – Bandung, yang mendaya gunakan sebuah danau (situ); Situ Umar.
Mungkin karena masih terbilang baru, maka untuk para pengunjung yang baru pertama kali ke FML, akan sedikit bingung. Tidak adanya papan pemandu arah dari sejak awal mula masuk (kecuali arah keluar). Dari awal saat hendak memarkir kendaraan saja, hanya ada petunjuk dari tukang parkir yang sekadarnya, sementara kami (mungkin agak-agak loading lama) harus tengak-tengok mencari di mana gerbang masuknya, untuk menyesuaikan letak parkir mobil agar tidak kejauhan.
Saran untuk FML, agar disediakan papan penunjuk arah yang menunjukkan fasilitas, resto, jam buka, dan wahana apa saja yang tersedia di Pasar Terapung Lembang ini. Kemudian seragam untuk para karyawan yang lebih menarik dan ceria, sehingga saat ada pengunjung yang memerlukan informasi, tidak tertukar dengan para pengunjung lainnya. Karena luasnya lahan dan banyaknya pengunjung membuat semua berbaur dan tidak bisa membedakannya lagi. Namun, keperluan para pengunjung untuk pelayanan di lapangan kemungkinan akan sedikit terkurangi, jika ada papan penunjuk arah.
Buka pada hari biasa: Senin – Kamis pukul 09.00 – 17.00, namun tanpa ada fasilitas pasar terapung. Hanya ada resto, FO (factory outlet), dan wahana air: perahu, taman kelinci
Buka pada akhir pekan: Hari Jumat – Minggu pukul 08.00 – 20.00. Namun untuk naik perahu, diperkirakan hanya sampai pukul 18.30 – 19.00.
Konsep Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang adalah desa wisata yang asri, sejuk, damai, dan lengkap. Kelengkapan fasilitasnya sangat ideal untuk tujuan wisata bersama keluarga. Anak-anak akan sangat menyukai tempat ini karena banyak fasilitas diperuntukkan bagi mereka.
Selain wahana permainan air yang disediakan bagi anak-anak, di Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang ada Taman Kelinci dan Taman Angsa yang bisa mereka kunjungi. Mereka bisa memberi makan angsa (ngala soang), memeluk kelinci sambil memberikan wortel, kesemuanya pengalaman menyenangkan untuk menjawab keingintahuan anak tentang dunia fauna.
Begitu para wisatawan masuk ke area wisata ini, akan langsung disambut dengan Rumah Joglo yang konon didatangkan langsung dari Jawa Tengah. Pemilihan rumah Joglo memang agak aneh mengingat wilayah ini khas Jawa Barat, namun begitu anda melewati rumah Joglo, maka pemandangan indah langsung menyambut : Danau indah dengan dermaga yang membentang dari ujung timur sampai ke barat. Perahu-perahu warna warni bersandar di dermaga dan inilah yang disebut Pasar Terapung (Floating Market).
Di perahu-perahu yang berlabuh inilah pada pedagang menyajikan berbagai kuliner Nusantara, hasil kerajinan tangan, dan aksesori. Pengunjung Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang dimanjakan dengan banyaknya pilihan makanan kesukaan yang tersedia. Uniknya lagi, transaksi yang dilakukan antara pengunjung dan penjual harus menggunakan koin khusus yang dapat ditukarkan di gerai yang ada.
Resto dan gazebo yang berdiri terpencar di area Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang juga bisa dijadikan latar belakang pengambilan gambar yang indah. Selain hawanya sejuk, sekeliling lokasi Floating Market Lembang ada pemandangan taman, bukit dan gunung yang menghijau. Semuanya ini akan sangat indah jika dijadikan background pemotretan pre-wedding, majalah bergambar atau sesi pemotretan komersial lainnya
Cara Mencapai Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang
Untuk mencapai Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang  tinggal menuju kota Kecamatan Lembang. Setelah tiba di Lembang, cari Pasar Lembang, kemudian dari situ tinggal menuju Jalan Grand Hotel. Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang berada di Jalan Grand Hotel No 33 E, Lembang.
Jika Anda sedang berada di Tahu Lembang atau tempat wisata De Ranch Lembang, di kedua tempat ini disediakan shuttle bus unik berbentuk perahu. Shuttle bus ini siap mengantar Anda pulang pergi. Cara yang mudah dan praktis untuk bolak balik antara Floating Market Lembang, De Ranch Lembang dan Tahu Lembang.
Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang terletak di jalan Grand Hotel No. 33 E Lembang (sebelum Hotel Takashimaya). Informasi tentang Wisata Pasar Terapung Floating Market Lembang bisa kontak ke 022-70888881/70888882
Menghubungi ibu Melanie 085222383092 dan 087821962248
Fasilitas:
Wahana Air, Taman Kelinci, Taman Angsa, Kampung Leuit, Kuliner
Resto, mushola, toilet bersih, tempat parkir luas
HTM: Ketentuan harga tiket masuk untuk week day sama dengan week end: Rp.10.000,-  (mendapatkan welcome drink).
Parkir dikenakan Rp. 1000 (untuk sepeda motor), Rp. 3 ribu (untuk mobil) dan Rp. 10 ribu (untuk bus)
sumber www.hoteldibandungmurah.com dan sumber lainnya